Artikel kali ini akan membahas tentang Sistem Kerja dari Game Online. Game yang dimainkan secara online memiliki dua sisi, yaitu server-side dan client-side. Server side adalah tempat dimana Anda menyimpan sebuah game, yang melayani beberapa client-side agar bisa berkomunikasi dan dimainkan secara bersamaan dengan banyak orang. Client-side adalah sisi dari komputer si pemain game. Dua sisi ini berkomunikasi secara intensif untuk meng-update kondisi di dalam game. Pemain hanya perlu memasukkan input yang diinginkan (klik mouse, klik keyboard), komputer akan mengirim input tersebut ke server, hasil input divalidasi lalu dikembalikan ke komputer pemain dimana karakter pemain dalam game melakukan aksi yang diinginkan.
Karena game online menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan
server, maka kualitas jaringan dan kecepatan koneksi sangat mempengaruhi
kualitas permainan. Bila koneksi terganggu/mengalami lag sedikit saja,
dampaknya akan terlihat pada jalannya permainan, terutama game online
real time.
Jika Anda membuat game online dengan Flash (untuk sisi client-side/front
end), maka Anda harus mencari server-side yang mendukung game Flash.
Kita bisa membuatnya secara manual dengan memakai bahasa pemrograman
seperti Java atau PHP. Tapi untuk memudahkan, anda bisa menggunakan
software siap pakai. Ada beberapa software yang bisa kita pakai, seperti
SmartFoxServer (www.smartfoxserver.com), Electro Server 4
(electro-server.com), dan yang lumayan baru adalah Player IO
(www.playerio.com). Dengan bantuan jasa aplikasi tersebut, akan
memudahkan lalu lintas data antara aplikasi Flash (client) dan server,
serta sudah menyediakan API / Library dalam Action script 3 yang bisa
kita gunakan untuk berkomunikasi dengan server.
Itu tadi adalah sistem kerja dari Game Online. Semoga bermanfaat :)
0 komentar:
Post a Comment