Pendanaan Startup seperti di Facebook

Facebook

facebookadscreenshot-520x352

Ben Schippers adalah co-founder dari HappyFunCorp, sebuah perusahaan web development yang membangun situs untuk Teepublic, Of A Kind, Postography, dan Yeah TV!
“Jika anda bertanya ke saya untuk membangun facebook.com untuk anda, saya akan mengatakan bahwa anda memerlukan dana sejumlah $500.000 (Rp5 milyar) dalam waktu sembilan bulan untuk tahap pengembangan dan desain,” jelas Schippers. “Orang lain ada juga yang mengatakan $1 juta (Rp10 milyar) atau bahkan lebih besar. Tetapi, ini adalah pertanyaan yang sangat menantang untuk dijawab karena apa yang dibutuhkan untuk membuat Facebook ini tergolong jumlah yang kecil, sedangkan biaya operasionalnya sendiri tergolong sangat besar.

Dengan produk yang sudah ada di pikiran kita, $500.000 (Rp5 milyar)  akan habis hingga sembilan bulan dengan tiga bulan  pertama didedikasikan untuk desain, khususnya untuk user architechture, brand dan desain poles. Enam bulan yang tersisa akan difokuskan untuk merealisasikan desainnya, sedangkan sisanya akan fokus pada pemerataan dan perbaikan.
Dengan mempertimbangkan perbedaan biaya storage/penyimpanan di tahun 2002, Schippers mengestimasikan bahwa Zuckerberg menghabiskan $3.000 (Rp 30 juta) per bulan untuk hosting pada tahun pertama dan sekitar $10 juta (Rp100 milyar) per bulan pada tahun 2006 di saat jaringan Facebook tumbuh besar selama periode itu.


Mengingat skala Facebook, perusahaan ini sekarang berada dalam operasi bisnis pembangkit tenaga listrik untuk mengoperasikan servernya, itu kenapa, Schippers mengestimasikan bahwa Facebook memiliki $30 juta (Rp300 milyar) biaya perbulan hanya untuk hosting. Dengan melihat kasus Facebook ini, jumlah pendanaan jutaan dollar yang diperoleh suatu startup tidak terlihat begitu besar.
Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment