Review CMS Prestashop


Prestashop adalah salah satu Content Management System (CMS) untuk membangun website E-Commerce atau toko online yang bersifat open source atau gratis. Prestashop dibuat oleh sekolompok programmer dari Paris (Perancis) pada bulan Agustus 2007. Di usianya yang ke-5, tepatnya tahun 2010 Prestashop dinobatkan sebagai Best Open-Source E-commerce Application versi PACKT. Pengakuan ini diakui untuk wilayah eropa secara umum dan Perancis khususnya. Bukan sebuah kebetulan jika tahun lalu Prestashop terpilih sebagai open-source software toko online terbaik, banyak fitur-fitur unggulan yang tidak atau belum dimiliki oleh open-source lain. Hingga saat ini Prestashop telah merilis versi hingga v.1.6.5.
Antara Mei 2010 dan April 2012, PrestaShop tumbuh dari 17 karyawan untuk lebih dari seratus, dengan pembentukan kantor pusat sekunder di Miami. 
Pada bulan Maret 2014, PrestaShop SA dijamin $ 9.3m di Seri B Pendanaan untuk melanjutkan upaya ekspansi global. 
Pada bulan Januari 2015, perusahaan meluncurkan PrestaShop Cloud, versi diri-host gratis dari software-nya. 
Menurut situs teknologi pelacakan BuiltWith.com, pangsa pasar PrestaShop untuk open-source website e-commerce adalah 9%. Menurut W3Techs, PrestaShop digunakan oleh 0,5% dari semua situs web.
Sebagai organisasi open-source, PrestaShop menghadapi tantangan menghasilkan pendapatan. Berikut pendapatan prestashop :
  1. PrestaShop Addons, pasar di mana pedagang membeli addons kustom dan tema untuk toko mereka
  2. Kemitraan strategis dengan para pemimpin industri e-commerce seperti PayPal atau Google

3.2.1 Fitur-Fitur

  1. Dashboard
Fitur yang digunakan untuk mengetahui statistik website dari segi order maupun kunjungan. Ada informasi-informasi seperti traffic keuntungan, dll.

  1. Katalog
Fitur untuk menampilkan daftar produk. Kategori dan Subkategori yang tidak terbatas. Group Attribute (unlimited) misalnya: ukuran, warna, berat, dsb. Gambar (unlimited) dengan generator resizing otomatis. Bisa menampilkan dua harga (dengan pajak dan tanpa pajak). Diskon berdasarkan quantity pembelian (dalam persen). Diskon berdasarkan quantity pembelian (dalam jumlah).

  1. Customer atau Pelanggan.
Mengirim auto-email kepelanggan mengenai status pembelian. Group pelanggan : misalnya pelanggan biasa dan grosir. Ada juga Shopping Carts atau keranjang belanja.

  1. Order
Yaitu fitur untuk mengatur pembelian. Status order bisa diatur, Pengaturan pembelian minimal, Pengaturan pembelian barang yang stoknya habis, Manajemen pengembalian barang, Diskon dalam persen dan diskon dengan jumlah yang tetap, dan adanya status pengiriman barang.

  1. Pembayaran
Methode Pembayaran tidak terbatas, modul bisa didownload di addons.prestashop.com, Pembayaran dengan Mata uang berbeda setiap negara, Pembayaran disesuaikan dengan group pelanggan.

  1. Pengiriman
Unlimited carriers, Carrier berdasarkan zona / negara, Email pemberitahuan status pengiriman dan Penghitungan ongkos kirim berdasarkan berat dan berdasarkan harga.

  1. Localization
Digunakan untuk mengatur lokasi, bahasa, zona, negara, dan tempat tinggal atau alamat. Bahasa bisa diinstal tak terbatas – Sudah tersedia lebih dari 40 terjemahan. Sinkronisasi perubahan nilai tukar mata uang.

  1. Preferences
Merupakan menu untuk pengaturan meliputi CMS, SEO, Product, Customers, Theme, Store Contact, dll. Theme mudah dimodifikasi, Add-on mudah untuk install/ uninstall karena bersifat modular.

  1. Administration
Menu administrator untuk mengatur profil, hak akses dan menu-menu yang disediakan di website.

Share on Google Plus

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment